Sunday, June 9, 2013

Tana Toraja, Menikmati Wisata Adat Asli Indonesia

Suku  Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas dan masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang asli dan mirip dengan budaya Nias. Daerah ini merupakan salah satu obyek wisata di Sulawesi Selatan.
 Mayoritas agama di Toraja ini adalah Kristen sebagiannya lagi Katolik, Islam dan Aluk To dolo, apa itu Aluk To dolo? Aluk to dolo adalah kepercayaan animisme yang masih dianut oleh masyarakat Toraja sampai sekarang.
 1. Tongkonan Pallawa
Pallawa adalah sebuah rumah adat suku Tana Toraja yang mana dibangun dengan susunan bambu kemudian atapnya berbentuk seperti lengkungan perahu




 2. Londa, Lemo, dan Tampang Allo
tempat dimana anda dapat melihat sebuah pemakaman di dinding berbatu dan gua-gua yang dipenuhi peti mati dan tulang belulang manusia. Anda juga boleh masuk ke dalam gua tapi jangan sesekali ambil tulang belulang mereka.



 3. Batu Tumonga  Batu Tumonga yakni Batu Menhir dalam sebanyak 56 buah dalam satu lingkaran dan di dalam lingkaran tersebut terdapat 4 buah pohon.
Karena masih memegang teguh adat istiadat Tana Toraja, masyarakat Toraja selalu mengadakan upacara adat seperti Rambu Solo (upacara pemakaman), Rambu Tuka (upacara pernikahan), dan Mangarara  Tongkonan (peresmian rumah keluarga). 

No comments:

Post a Comment